Kamis, 04 Oktober 2012

KONSEP DASAR NEW MEDIA



 Definisi new media
Secara umum, New Media dapat diartikan sebagai perantara baru. Yakni penggabungan dari dua kata yaitu “New” yang berarti baru dan “Media” yang berarti perantara dan Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan Namun jika ditinjau dari makna yang lebih spesifiknya, new media dapat diartikan sebagai perantara baru yang dapat menghubungkan manusia dengan media – media terbaru dalam dunia teknologi.  
New Media adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu, itu baru disebut new media. Contohnya : Seperti QuickTime movies, suara yang dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap elemen memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat dimodifikasi / di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.

Definisi dari new media dijelaskan dalam pengantar Reader New Media oleh Lev Manovich menggunakan proporsi-proporsi berikut: Media baru versus Cyberculture
Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya dan paradigma.
 1.Media baru versus Cyberculture     Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya, obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone). 

              2. New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform 
     Distribusi      New Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah "media baru" tidak akan "baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.

               3. New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software     New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan komputer-berbasis pengiriman melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll 

                 4. New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi
      Perangkat LunaK     "Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi itu. "tua" Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan "baru" Data adalah data numerik komputer ini terus keluar dari tombol "kreatif" keputusan, dan didelegasikan kepada posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat lunak digunakan di beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi komputer.  
     5.New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media
modern dan Teknologi Komunikasi
  "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali dua atau tiga kali ... Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial, sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. " 


      6. New Media sebagai Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma Sebelumnya
  Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya teknik manual. kalkulator misalnya. "Secara dramatis mempercepat eksekusi membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang representasional." Hal ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia interaktif dan permainan komputer. "Pada satu tingkat, sebuah komputer digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan identitas lainnya:. Yang dari alat kontrol sibernetik" 

 7. New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis;. New Media sebagai 
Metamedia
- Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu lainnya Meta-media yang bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua daripada menciptakan yang baru bekerja. Media baru avant-garde "adalah tentang cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi" (hypermedia misalnya, database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat "recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda." 



       8.New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang
Seni dan Komputasi Modern

Pasang Seni Perang Dunia II atau "kombinatorik" melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial. "Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan oleh manusia."
 pandangan menggunakan media
Menurut pandangan saya sebagai pengguna tentang New Media adalah New Media merupakan sarana baru yang dapat meningkatkan interaksi sosial antara manusia dengan manusia lainnya dengan menggunakan alat digital, misalkan Smart Phone . Saya sebagai pengguna Smart Phone dapat mengambil keuntungan lebih disbanding menggunaka Ponsel biasa, dengan Smart Phone kita dapat lebih luas mengetahui berbagai informasi baru yang ada diluar sana. Smart Phone memudahkan kita mendapatkan sesuatu informasi maupun juga dalam memberikan sebuah informasi yang baru dan real kepada khalayak masyarakat sekitar. Saya juga sebaggai pengguna Blog merasakan banyak manfaat yang di dapat dari New Media, dengan Blog kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin tahu dan masalah yang belum kita tahu. Jadi dengan New Media kita tidak dibatasi dalam mengetahui sebuah informasi baru tentang perkembangan teknologi, dan masalah lainnya.

Media memiliki beberapa manfaat, diantaranya : 1. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar – gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial. 
2. Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal
yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta
didik   tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena :
(a) obyek terlalu besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu 
lambat; (d) obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks;
 (f) obyek yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan
resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu 
dapat   disajikan kepada peserta didik.
3. Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara 
peserta didik dengan lingkungannya.
4. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
5. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
6. Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
7. Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
8. Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak
Komponen new media
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya. Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.



Aplikasi new media 
 1. YOU TUBE
http://www.berita8.com/images/berita/normal/YOUTUbe2910187@.jpg

 
2. FACEBOOK
http://www.businesspundit.com/wp-content/uploads/2010/05/facebook.jpg  
 
3. Twitter
http://www.simplyzesty.com/wp-content/uploads/2011/08/Twitter-Logo-300x293.jpg

 4.google+

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi60MUHCKqvDkYX0cgaEDY0_0yLvM_N1DG2RfSAXdHWLfN9UsDQ9fyoWChSc7Hwj21G26FKiCi09TphFqe89cPEh4u2yOkzaTDQQYxfuFoyq8kNHACJ__Ymr1wp430JEzWDVvh-LOt-wxk/s320/google_plus_logo.jpg
5. i-phone
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOa4U9Mi5P973yc_QBNOPBjuEvRVaC0YQcK2JUOP0S9YMwRJ6PqRQC7a6mu2JvDLk8xTo1D59IqmpSUlDruUj9AvwEwOXPvC3P4c539E2w49gw7FIuKSzBGhGwjtbvcMAX5LW2WcFO4KEI/s1600/imagesg.jpg
     
KEKURANGAN DAN KELEBIHAN

1 you tube
kelebihan: 
terdapat banyak video, bisa belajar melalui streaming, bisa melihat film, bisa 
download film

kekurangan:
bisa di salah gunakan oleh pengguna,banyak video bisa di buka dengan bebas, 

2 facebook
kelebihan:
bisa bertemu dengan teman lama atau teman baru yang sama-sama menggunakan 
facebook,mediakomunikasi yang mudah digunakan dan banyak digunakan oleh 
pengguna,media
gratis,bisa ajang jual beli dengan online


kekurangan:
suka di salah gunakan dengan membuat kata-kata yang merusak moral

3 twitter
kelebihan:Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, 
Twhirl, dll),Pesan SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel, 
Alat komunikasi yang murni dan
cepat tanggap,Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti 
orang lain kecuali diblokir

kekurangan: Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat            
kebisingan,Relatif lebih kecil  basis pengguna diinstal  ,Dibatasi sampai 140 karakter 
per update 


4.google+
kelebihan : kita bisa membroswing segala informasi di sini ,belajar online, dll
kekurangan: sering di salah gunakan user



Tidak ada komentar:

Posting Komentar