Konvergensi Media
Definisi Konvergensi Media
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence.
Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu
dalam suatu titik (Arismunandar, 2006: 1) . Konvergensi akan mudah dibayangkan
jika menggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari
datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop
(kaca pembesar) pada satu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut
adalah peritiwa konvergensi.
Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan atau
pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam
satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya
dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Kata konvergensi
ini umum dipakai dalam perkembangan teknologi digital, integrasi teks, angka,
gambar, video, dan suara.
Dasar terbentuknya Konvergensi Media
John Fiske dalam bukunya Cultural and Communication Studies
mengungkapkan kode-kode digital lebih mudah dipahami karena unit-unitnya
dibedakan dengan jelas, berlainan dengan kode-kode analog yang bekerja dalam
suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam orientasi perkembangan
peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau dengan kata lain
proses menuju kemudahan, kelengkapan, dan kecepatan dalam mendapatkan dan
memahami berbagai informasi.
Dari sisi bisnis, digitalisasi menjanjikan efisiensi biaya
yang cukup signifikan dengan area cakupan yang lebih luas, kualitas pelayanan
yang lebih baik dan mampu melayani pengguna jasa media berdasarkan kebutuhan
mereka. Namun yang jauh lebih penting adalah digitalisasi mampu mendesak
kelahiran beragam kreativitas dalam penyajian konten sehingga area cakupan
bisnis dapat lebih diperluas.
Menurut Jonathan Parapak dari Universitas Pelita Harapan,
tahapan perkembangan paradigma ini menjadi 3 tahapan proses, yaitu
automatisasi, integrasi, dan kolaborasi. Mayoritas pelaku di kawasan ini berada
di antara automatisasi dan integrasi, sementara hanya sebagian kecil yang telah
mencapai tahap di antara integrasi dan kolaborasi
Dampak Konvergensi Media :
Konvergensi media juga mengubah hubungan antara teknologi,
industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah
pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius
pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan.
Misalnya saja, bagaimana surat kabar harian Kompas yang
dulunya hanya menyediakan berita di media cetak kemudian menghadapi perubahan
teknologi yang drastis ini. Ternyata Koran kompas juga mengikuti perkembangan
teknologi sehingga juga menyediakan berita di internet seperti kompas.com atau
detik.com. Dengan tersedianya berita di internet yang bisa dikonsumsi dengan
computer bahkan sekarang bisa mengkonsumsi berita dengan handphone (Hp),
sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi, hiburan, sosial,
politik, bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini, orang tidak perlu repot
lagi jika ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki bisa melakukan
banyak hal misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa dengan para
kolega, mengirim pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau panjang
melalui email, melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan transaksi
dalam jumlah yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu platform media.
Dari contoh-contoh di atas dapat ditarik sejumlah pengertian
tentang pengertian komunikasi massa dengan pola tradisional. Perkembangan
teknologi dalam konvergensi media ini memungkinkan orang untuk terlibat secara
pribadi, antarpribadi, maupun dengan khalayak ramai dalam waktu yang sekaligus.
Ini menunjukan konvergensi media memadukan ciri-ciri
komunikasi massa dengan komunikasi antarpribadi yang dilakukan dalam satu media
sekaligus. Hal ini disebut dengan demasivikasi, yakni kondisi dimana ciri utama
media massa yang menyebarkan informasi secara masif menjadi lenyap. Arus
informasi yang berlangsung menjadi makin personal, karena tiap orang mempunyai
kebebasan untuk memilih informasi yang mereka butuhkan (www.antara.co.id).
Kemungkinan pertama, konvergensi dapat mendorong kompetisi
yang lebih besar karena bahan mentah (raw material) bagi semua media saat ini
menjadi luar biasa murah. Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya produksi tinggi
untuk membeli kertas, cukup dalam bentuk digital yang hampir nol biaya
produksi.
Persoalan kejahatan yang mungkin timbul akibat konvergensi
dan digitaliasi dapat dibagi menjadi empat bagian besar: pencurian perangkat
keras/ data dan informasi, penipuan (fraud), pelanggaran hak cipta, serta
serangan terhadap individu atau organisasi.
Di Indonesia, kejahatan yang terkait dengan penipuan,
terutama kartu kredit, cukup marak. Bahkan, karena begitu banyaknya penjahat
yang menggunakan modus ini, mengakibatkan banyak alamat IP address Indonesia
yang sempat diblokir, sehingga orang Indonesia yang ingin berbelanja lewat
internet tidak dipercaya lagi oleh pemilik-pemilik situs belanja onlinedi luar
negeri.
Namun adanya konvergensi di zaman digitalisasi ini membuat
berkurangnya pertemuan secara face to face. Dan juga bisa membuat sesorang
menjadi malas karena semuanya sudah menjadi praktis.
Manfaat konvergensi media
Manfaat konevergensi media tentu saja memudahkan khalayak
dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak mebutuhkan
biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media
sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.
VPN
Pengertian VPN
VPN adalah suatu jaringan privat (biasanya untuk instansi
atau kelompok tertentu) di dalam jaringan internet (publik), dimana jaringan
privat ini seolah-olah sedang mengakses jaringan lokalnya tapi menggunakan
jaringan public
VPN adalah sebuah koneksi Virtual yang bersifat private
mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara
fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut private karena jaringan
ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa
mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan public atau internet namun
sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa
terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan
keamanan data
Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data
yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya
sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca
karena harus melewati proses dekripsi. Proses enkapsulasi data sering disebut
“tunneling”.
Kegunaan VPN adalah Anda dapat mengakses server tertentu
melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun
anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya. Menurut
pandangan user, koneksi VPN merupakan koneksi point to point antara user
computer dengan server korporasi dan data terkirim di atas jaringan
“dedicated,” padahal tidak demikian kenyataannya.
Keuntungan menggunakan layanan Virtual Private Network :
Browsing, surfing, dan transfer data melalui internet
menjadi semakin aman.
Menyembunyikan IP addres si pengguna karena IP yang terekam
adalah dari server VPN yang anda pakai.
Semua aplikasi di komputer/PC anda menjadi lebih aman.
Misalnya skype, instant messagers: ICQ,AIM,email dll
Misalnya skype, instant messagers: ICQ,AIM,email dll
Akses dengan kecepatan tinggi ke beberapa situs atau layanan
lainnya (Tentunya dengan VPN yang berbayar hehehe)
Proteksi penuh terhadap akses internet Anda ketika berada
pada lokasi hotspot/WiFi.
Bypass pemblokiran yang dilakukan oleh Internet Service
Provider (ISP) dimana Anda melakukan koneksi internet.
Untuk Kerugian dari VPN
Beberapa Vendor VPN di luar negeri rawan sekali terjadi
penyadapan, hacking, cyber crime dll
Ketersediaan Performa jaringan khusus perusahaan berada
diluar kendali pihak perusahaan
· Alat bantu
Administratif:
Telepon, fax, komputer, printer, scanner, database, sistem
informasi, jaringan LAN / Internet
Surat menyurat. Jarang yang menggunakan mesin ketik lagi
jika IT diambil, proses administratif terganggu.
· Alat Bantu
Pendidikan:
Membantu memberikan mata kuliah (delivery tools)
Harga CD-ROM lebih murah dari kertas!
Harga CD-ROM kosong Rp 3000,- vs 30 (sd 50) halaman fotocopy
Sayang alat baca CD-ROM masih berbentuk komputer yang
relatif mahal harganya
· Alat Bantu
Penelitian
- Kolaborasi peneliti via e-mail, mailing list.
- Koleksi makalah, journal, karya ilmiah.
- Situs Citeseer untuk mencari makalah di bidang ilmu
komputer.
- Digital library dari IEEE & ACM.
- Mempermudah akses ke sumber informasi. Bandingkan dengan
interlibrary loan (lama dan mahal).
- Seminar, konferensi menggunakan email sebagai metoda untuk
pengiriman makalah.
Defenisi Konvergensi Media:
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian
media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan.
Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi
digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon,
video dan komunikasi data dalam satujaringan. Penggunaan beberapa mode
komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan
tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Jejaring Sosial
Konsep Jejaring Sosial
Sejarah dan defenisi:
Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis
pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list
pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung
dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan
halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto
pengguna.
Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah :
1. Facebook (www.facebook.com )
2. Twitter (www.twitter.com )
3. Kaskus (www.kaskus.com )
4. Friendster (www.friendster.com )
5. KillHannahKollective (www.killhannahkollective.org )
6. YahooMessenger (www.messenger.yahoo.com )
7. YahooKoprol (www.koprol.com )
8. Plurk (www.plurk.com )
9. MySpace (www.myspace.com )
10. Flickr (www.flickr.com )
Di Indonesia situs – situs jejaring sosial sangat cepat berkembang karena kemajuan teknologi dan internet berkembang begitu cepat juga. Jejaring social menjadi gaya hidup dan bahkan telah menjadi kebutuhan sehari – hari. Bahkan ada yang menganggap jika tidak mempunyai akun jejaring sosial akan dianggap ketinggalan jaman.
Dampak Positif dan Negatif:
Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari jejaring sosial.
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan
mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih
murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring
sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. Bertemu dengan
teman - teman lama. Bahkan untuk mencari uang, seperti menjual barang melalui
bisnis online, iklan produk dan jasa, serta mempromosikan sesuatu.
Jejaring sosial juga membantu para fans artis, musik
olahraga dan lainnya untuk selalu update tentang kegiatan idola mereka, atau
membuat suatu komunitas – komunitas sosial yang dapat mempertemukan banyak
orang dimanapun berada dan saling bertukar informasi.
Jejaring sosial juga bisa untuk menunjukan bakat – bakat kita melalui video – video, foto, rekaman suara atau tulisan yang kita unggah ke profil kita yang dapat di lihat banyak orang.
Jejaring sosial juga dapat untuk menarik simpati dan empati banyak orang seperti yang di lakukan para politisi dalam berkampanye atau untuk masalah social seperti “Koin Untuk Prita”.
Tetapi setiap ada keuntungan pasti ada kerugiannya. Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
Jejaring sosial juga bisa untuk menunjukan bakat – bakat kita melalui video – video, foto, rekaman suara atau tulisan yang kita unggah ke profil kita yang dapat di lihat banyak orang.
Jejaring sosial juga dapat untuk menarik simpati dan empati banyak orang seperti yang di lakukan para politisi dalam berkampanye atau untuk masalah social seperti “Koin Untuk Prita”.
Tetapi setiap ada keuntungan pasti ada kerugiannya. Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
Dampak jejaring sosial bagi anak di bawah umur lebih
mengkawatirkan. Banyaknya anak-anak yang tertarik dengan jejaring sosial
mengarahkan mereka kepada para pemangsa sex dalam dunia maya itu (cybersex
criminal). Mereka (cybersex criminal) mengetahui/mendapatkan informasi mengenai
keberadaan korban (anak-anak) berdasarkan informasi yang mereka pasang dalam
situs jejaring sosial. Beberapa dari para cybersex criminal tanpa ragu untuk
menanyakan langsung keinginannya agar dapat bertemu langsung dalam dunia nyata
dan cybersex criminal tersebut juga tidak segan-segan menanyakan status
kewanitaan korban.
Podcasting
Konsep Podcasting
Defenisi:
Istilah "podcasting" pertama kali muncul dalam
sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada
Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan
teknologi baru ini. "Podcast" merupakan lakuran kata "pod"
— "playable on demand" (dimainkan atas permintaan), yang kelak
digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merekpemutar-media-saku
(portable media player) iPod — dan "broadcasting" (penyiaran). Nama
ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk
pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang
dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah "podcast" mendahului
adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau
perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah
"iPod", beberapa orang memakai istilah "netcast" sebagai
pengganti "podcast", seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte.
Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya "podcast" dapat
diuraikan sebagai "personal on demand broadcast" (penyiaran atas
permintaan pribadi).
Manfaat:
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima
jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:
(1) Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih
mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang tersedia.
Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin
pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
(2) Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan
bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online
Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah
ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda
sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
(3) Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah
menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan
pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat
kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu
ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.
(4) Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika
digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk
rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari
hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa
Anda dapatkan dari Podcasting.
(5) Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3
portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan
saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
(6) Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan
mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada
penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan
harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting,
Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.
Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di
web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan
potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas
untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran
dan alat komunikasi.
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang
telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.
Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa
1. Rich Site Summary (RSS 0.91)
2. RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
3. Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk
berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya
situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan
teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan
sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin
kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah,
untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya
hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut
alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.
Fungsi RSS
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk
menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan
artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS
meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS
digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan
termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain
yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Sebuah program komputer yang dikenal sebagai pembaca umpan
(feed reader) bertindak sebagai pengumpul. Program ini mengecek situs yang
menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Tenggang
waktu dan siklus pengumpulan RSS biasanya dapat diatur oleh penggunanya.
Program pengumpul dapat berupa program komputer atau sebuah layanan web yang
tersedia online.
Program pengumpul RSS di komputer biasanya berupa aplikasi
(software) sendiri yang harus dipasang di komputer sebelum dapat digunakan.
Program ini tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi dengan harga
bervariasi. Ada juga program pengumpul RSS yang gratis. Lihat Daftar pengumpul
RSS.
Program pengumpul di web tidak memerlukan pemasangan dan
pengaturan, kita dapat melihat dan mengecek RSS kita di mana saja, asal ada
browser dan koneksi internet. Beberapa layanan pengumpul RSS juga menyediakan
penggabungan dan juga pencarian.
Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link
dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS. Namun disarankan menggunakan RSS
daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi
tidak tiap XML itu RSS).
Seperti ditulis di atas, ada beberapa versi RSS, dan bahkan
ada kelompok membuat format baru Atom yang juga telah diadopsi oleh banyak
situs. Tapi pemakai RSS tidak perlu bingung, para pembuat program pengumpul
sindikasi biasanya bisa mengenali kedua format tersebut, bahkan masih
menyediakan pembaca untuk format yang lama.
IPTV
Pengertian IPTV
IP/TV adalah suatu pengembangan baru dalam software
komunikasi client-server yang mem-broadcast video yang berkualitas tinggi
(setara real time full motion video secara simultan) ke user window melalui
jaringan data yang ada sekarang. Beberapa feature yang dimiliki oleh IP/TV ini
adalah :
1. IP/TV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded
digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan
capturing dan transmisi program dari berbagai source.
2. IP/TV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program
sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat
memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
3. IP/TV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan
tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi
yang efisien, yaitu IP multicasting.
4. IP/TV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre
Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini
merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk
menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan
bandwidth yang tersedia.
5. Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang
konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya
print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus
(karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).
Kegiatan-kegiatan yang dapat didukung IP/TV
1. Training Karyawan
Pendidikan dan pelatihan karyawan strategi yang sangat vital
bagi kesuksesan suatu suatu perusahaan dan peningkatan keahlian karyawan untuk
karir mereka. Pelatihan yang biasanya dilakukan adalah dengan mengirimkan
karyawan ke pusat-pusat training yang dapat menghabiskan anggaran yang cukup
besar, belum lagi biaya akomodasi dan transportasi karyawan yang harus
ditanggung oleh perusahaan selama mereka menjalani pelatihan. Oleh karena itu IP/TV
dapat memberikan alternatif solusi, yaitu dapat memberikan pelatihan keahlian
karyawan secara cepat dan kapan pun dibutuhkan (tanpa perlu waktu waktu
perjalanan), tidak perlu memindahkan karyawan jauh dari tempat tugasnya, dan
dapat menghemat budget untuk keperluan akomodasi dan travel karyawan selama
pelatihan.
2. Distance learning
IP/TV dapat digunakan sebagai media untuk melakukan
pelatihan/pendidikan jarak jauh (distance learning). IP/TV akan membawa semua
informasi dalam suatu seminar atau konferensi atau kegiatan perkuliahan
langsung ke komputer audience dengan siaran langsung satelit, kabel atau via
internet. Distance learning ini dapat juga digunakan oleh divisi-divisi
perusahaan untuk saling mengirimkan informasi yang dibutuhkan oleh bagian/karyawan
yang masih memerlukan pelatihan/bimbingan di lapangan. Bila dilihat dari
kepentingan pendidikan, universitas dapat memberikan kuliah jarak jauh kepada
para mahasiswanya dari manapun ia berasal, dan kapan pun ia membutuhkan
informasi itu. Feature IP/TV Question Manager dapat digunakan viewer untuk
bertanya secara langsung (online) kepada instruktur/pengajar sehingga
suasananya dapat berlangsung interaktif seperti di kelas.
IPTV vs Internet:
IPTV
- Closed system, kualitas layanan terjamin(managed QoS).
- Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known
subscriber) Pengiriman melalui IP packets sampaidengan pelanggan (end
customer).
- Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service
provider.
- Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
- Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan
pengkodeanlayanan konten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung
formatkonten.
- Biaya
- Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya
terbatas.
Internet TV
- Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin
(BestEffort QoS).
- Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP
packets sampai internet cloud sendiri.
- Dikirim dan diterima melalui public internet yang
melibatkanbanyak pihak.
- Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
- Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung
format konten.
- Gratis
- Video konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak
terbatas.
REFRENSI
- http://id.wikipedia.org/wiki/RSS
- http://nationalgeographic.co.id/feed
- http://www.surya.co.id/rss-feed
-
httonno.vlsm.org/v11/ref-ind-1/network/iptv-1998.rtf
-http://forum.vivanews.com/iptek/13826-pengaruh-situs-
jejaring-sosial-facebook-twitter-terhadap-para-pengg.
-html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar